Rabu, 11 Maret 2015

HIDUP SEHAT DAN BAHAYA DIBALIK ALAT MASAK ANDA

Kesadaran untuk hidup sehat
Tidak mudah untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat. Dewasa ini  zat kimia sudah diaplikasikan di berbagai bidang. Ada yang bermanfaat, tapi ada juga yang pelan-pelan malah menimbulkan penyakit, polusi udara, air dan makanan yang tercemar juga menjadi musuh utama kesehatan.

Perlu adanya gerakan hidup sehat di masyarakat karena apa yang kita makan akan memengaruhi kesehatan, emosi, penampilan dan kwalitas kehidupan kita.
Bagi sebagian kelompok masyarakat kesadaran untuk hidup sehat rupanya mulai menjadi pilihan / tren. Olah raga sepertinya masih menjadi pilihan utama karena itu kita dapat melihat bertumbuhnya kelompok-kelompok senam, jalan sehat, lari pagi, bersepeda dan klub-klub kebugaran / fitness dll.

Hal lainnya dapat kita lihat dari keinginan untuk kembali kealam, dimulai dari memilih untuk menkonsumsi makanan yang bernutrisi baik entah itu sayuran organik, buah organik, juga ikan dan daging yang segar dan aman. Bagi sebagian masyarakat yang lebih mampu secara ekonomi mereka juga mengkonsumsi food supplement yang alami dan aman, serta menghindari gaya hidup yang sering dituding menjadi biang keladi memburuknya kesehatan tubuh yaitu makanan cepat saji, makanan yang mengandung zat pengawet, pewarna, perasa,  makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti sayuran yang mengandung pestisida atau daging ayam yang disuntik hormon pertumbuhan, menghindari polusi air, udara dan asap rokok yang sering dianggap sebagai penyebab kanker dan penyakit-penyakit degeneratif lain
.
Bahaya dibalik alat masak yang kita gunakan

Sejauh ini untuk menjaga kesehatan seringkali kita masih hanya peduli dengan makanan yang yang kita konsumsi, padahal tanpa kita sadari alat masakpun berpotensi besar menyebarkan racun ditubuh kita. Mengapa begitu?  Karena ternyata alat masak bisa melepas racun ( migrasi logam, plastic dll masuk kemasakan)  saat kita memasak bahan makanan dalam alat masak tersebut. 
Alat masak yang terbuat dari bahan anti lengket, misalnya, bisa menyebabkan kanker dan mengeluarkan polymer fume yang berbahaya buat paru-paru. Contoh lainnya adalah alat masak dari aluminium atau aluminium foil yang akan bereaksi kimia bila terkena asam cuka, asam tomat, asam jawa, asam jeruk, dan sebagainya.

Di Amerika, sebuah perusahaan besar pembuat alat masak yang terbuat dari bahan anti lengket, telah didenda karena menyembunyikan informasi berbahaya. Pemerintah Amerika melalui US Environmental Protection Agency (EPA), baru mengetahui setelah anti lengket digunakan selama 50 tahun.

Menurut veterinarian, Darrel K. Styles, Polytetrafluoroethylene (PTFE) yang lebih dikenal sebagai "T" merk sebuah produk Anti lengket, mengandung yang namanya PTFE intoxicosis. Zat tersebut adalah gas beracun yang cepat dan mematikan tanpa tanda-tanda peringatan. PTFE beracun disebabkan keluar gas dari bahan tidak lengket (nonstick materials) pada peralatan masak dari banyak merek lainnya.

Gas PTFE menyebabkan gangguan pernafasan serius, sesak nafas, meracuni darah, sakit kepala, batuk, radang tenggorokan, dan panas. Gejala tersebut mirip dengan flu biasa hingga tidak disadari oleh para penggunanya.

Anti lengket dibuat dari Perfluorooctnic Acid (PFOA) yang juga digunakan untuk coating pembuatan jas hujan, agar alat masak tersebut tidak lengket. PFOA diklasifikasikan EPA sebagai persistence chemical and a potential carcinogen(bahan kimia yang tidak larut dan potensi penyebab kanker).

Selain itu, PFOA juga ditengarai dapat menyebabkan pengaruh negatif terhadap hormon, sel saraf, dan sistem kekebalan tubuh. Bahaya zat kimia tersebut dapat menyerang siapa saja, tanpa dibatasi umur maupun jenis kelamin.

Berdasarkan penelitian, akibat banyaknya penggunaan alat masak berbahan anti lengket ( lihat dapur anda anda pasti juga punya anti lengket, paling tidak Rice cooker anda menggunakan Anti lengket ) , didapati 95% darah penduduk Amerika mengandung unsur Anti lengket. Sekarang, produk anti lengket di Amerika mencantumkan label bahaya Anti lengket sebagaimana dilakukan produk rokok.
Memasak yang salah membuang Nutrisi yang diperlukan tubuh.

Sebagai pemerhati kesehatan mungkin kita akan sangat memperhatikan kwalitas dan keamanan bahan yang kita gunakan untuk memasak, misalnya untuk sayurnya kita menggunakan yang organic, bumbu dan lainnya kita menggunakan yang alami, namun pemahaman cara mengolah makanan yang benar dan penggunaan alat masak yang aman sangat menentukan kesehatan kita.
Di samping dapat memicu timbulnya berbagai penyakit, alat masak juga bisa membuang unsur-unsur terbaik dari masakan. Misalnya, bila kita diharuskan untuk memasak dengan suhu yang tinggi, menggunakan minyak atau air, maka nutrisi masakan akan banyak berkurang atau hilang sehingga yang kita makan  sebenarnya sudah sangat sedikit mengandung nutrisi.
Untuk itu, diperlukan alat masak yang benar-benar tidak meracuni masakan dan mampu mengakomodasi cara memasak yang sehat. Agar masakan yang kita makan pun bermanfaat buat tubuh dan bukan menabur benih penyakit.

Saladmaster - Pilihan Alat Masak Aman dan Sehat
Hingga saat ini, masih sangat sedikit sekali pilihan alat masak yang aman dan sehat. Kalau pun ada, harganya bisa saja relatif mahal. Sebut saja Saladmaster yang sampai sekarang masih harus diimpor dari Amerika.
Saladmaster  terbuat dari logam 316 Ti Titanium Stainless Steel, logam yang biasa digunakan dalam bidang kedokteran ini, merupakan yang pertama dan satu-satunya di dunia yang digunakan sebagai alat masak.
Keunggulan Saladmaster, masakan tidak akan terkontaminasi unsur logam ( tidak terjadi migrasi logam dll yang larut masuk kedalam masakan hal ini dapat dibuktikan melalui test laboratorium maupun test sederhana ), Saladmaster mampu menjaga 93% vitamin dan mineral tetap ada dalam makanan, serta mengurangi resiko penyakit kanker-jantung-diabetes dan lain-lain.
Penggunaan alat masak ini juga mampu untuk mengurangi penggunaan garam dan gula dalam masakan. Saladmaster dapat digunakan untuk mengukus ikan atau sayuran tanpa air, menggoreng ayam atau kulit lumpia basah tanpa minyak, membuat tim ayam garam tanpa air hanya dalam 20 menit dengan rasa yang enak dan empuk, atau merebus telur tanpa air.
Rasa alami dari sayuran, ikan, ayam, telur dan daging dapat kita rasakan.

Alat masak ini pun dibuat agar mampu menerapkan sistem memasak semi vacum. Sehingga bila panas sudah mencukupi, Vapo valve ( katup / indicator ) khusus akan keluar dan menimbulkan bunyi klik..klik. Inilah metode kontrol panas yang mudah dan dapat diandalkan. Kita tidak perlu lagi mengawasi wajan. Katup akan keluar sendiri bila sudah waktunya mengurangi panas.
Selain bisa merusak nutrisi makanan, kelebihan panas saat memasak, juga bisa memboroskan bahan bakar. Dengan alat masak ini, bila katup sudah berbunyi, api bisa dikecilkan (api lilin) sehingga penggunaan bahan bakar akan sangat berkurang.
Distribusi panasnya pun sempurna sehingga kita tidak perlu mengaduk-aduk masakan. Apalagi alat masak ini juga dilengkapi dengan kontrol panas digital yang akurat sehingga panas pun bisa konsisten (untuk yang electric). Tapi, alat masak ini bukan presto yang bisa merusak unsur vitamin dan mineral makanan.
Satu lagi yang istimewa dari Saladmaster adalah kemampuanya untuk mengurangi pemakaian minyak dan lemak. Lemak sendiri mampu menyebabkan penyumbatan pada pembuluh arteri. Makanya, kandungan lemak ini harus dikurangi pada masakan.

Menurut Choice for a Heathy Heart oleh Joseph C. Piscatell yang ditulis Dr. Denton A. Cooley, dari penelitian yang ada, 1 dari 3 anak memiliki kemungkinan terkena serangan jantung pada usia 14 tahun. Juga, terdapat lebih dari 50% kemungkinan bahwa anak-anak pada usia 7 tahun memiliki penyumbatan arteri.

Mungkin untuk menjaga kesehatan tubuh, anda sudah ber olah-raga, anda juga membeli bahan- bahan masak yang bermutu dan serba organik , namun jika pengolahan bahan tersebut salah, alat masak yang anda gunakan malah meracuni masakan anda, ada baiknya anda harus mulai memikirkan untuk menggunakan Saladmaster.



Saladmaster  sangat sesuai dengan misi hidup serba organik yang menjadi tren masyarakat pemerhati kesehatan saat ini. Dengan alat masak ini, lengkap sudah gaya hidup anda yang serba organik.
Salad master mengubah kehidupan ( we change lives ).
Panci Saladmaster(R) ini made in USA, terbuat dari stainless steel 316 Ti Titanium. Masakan bebas kontaminasi logam dan nutrisi tetap terjaga utuh. Logamnya tidak berpori hingga masakan tidak lengket. Jaminan kualitas  produk ini untuk seumur hidup.
Pemakaian panci merupakan salah satu cara menghindarkan kita dari kanker, kolestrol, darah tinggi dll.

Motto Saladmaster adalah We Change lives, dimana kita merubah pola hidup menjadi hidup sehat dengan mengurangi makanan gorengan, garam, gula dan bumbu penyedap
Rupanya bagi pemerhati kesehatan untuk berpindah ke alat masak Saladmaster sudah merupakan suatu keharusan.

Untuk keterangan dan kontak, hubungi :
Dealer Saladmaster/ Klub Masak Sehat
WA 0816758668, Line sienhwawiniati
HP +6281 57634777
Email : saladmaster_smg@yahoo.com
Web international : www.saladmaster.com


Blog : www.saladmasterhealthycookware.blogspot.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar